Senin, 22 Oktober 2012

Tips berburu lowongan kerja

Quote:Meminta bantuan teman dan keluarga adalah cara terbaik yang bisa Anda lakukan untuk mencari pekerjaan

[imagetag]

Mungkin saat ini anda sedang mencari lowongan pekerjaan yang cocok bagi anda namun sedang bingung dimana anda dapat mencari lowongan pekerjaan impian anda tersebut. Bisa dibilang berburu lowongan apalagi bagi yang sedang tidak punya pekerjaan alias menganggur adalah hal yang cukup membuat harap-harap cemas.

Untuk mempersingkat proses pencarian anda maka sumber-sumber informasi lowongan kerja di bawah ini perlu anda telusuri :

1. Situs pencari kerja
Di internet, Anda mungkin bisa menemukan ratusan situs yang menyediakan jasa pencarian kerja. Tapi jangan juga sembarangan memasukkan CV dan resume Anda ke sana. Anda harus bisa memastikan situs pencarian kerja yang terpercaya dan namanya sudah dikenal. Melalui situs ini, Anda bisa menemukan beragam pekerjaan yang sesuai dengan keinginan dan bahkan bisa berlangganan newsletter setiap kali ada lowongan pekerjaan yang Anda inginkan.

2. Agen rekrutmen
Untuk jenis pekerjaan tertentu, Anda bisa menghubungi agensi rekrutmen yang akan membantu Anda mencari pekerjaan. Keuntungan mencari pekerjaan melalui agensi ini adalah Anda bisa membangun hubungan dengan pihak agensi sehingga mereka bisa membantu Anda untuk memilih karir yang sesuai, sekaligus menawarkan beragam kesempatan yang ada.

3. Keluarga / Teman
Meminta bantuan teman dan keluarga adalah cara terbaik yang bisa Anda lakukan untuk mencari pekerjaan. Namun bukan berarti Anda langsung mendapat pekerjaan tersebut, karena mungkin yang bisa mereka lakukan adalah membuka jalan untuk Anda. Dalam arti, mereka akan memberitahu apabila ada lowongan yang sedang dibuka dan menyampaikan CV Anda hingga ke bagian SDM. Selebihnya, tergantung pada kemampuan Anda dalam mengikuti proses rekrutmen.

4. Social media
Manfaatkan juga beragam media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Linkedin untuk mencari pekerjaan. Linkedin, misalnya, bisa menjadi sarana untuk mempromosikan diri Anda dengan meletakkan informasi seputar pengalaman kerja dan latar belakang pendidikan

Sumber : Updaterus