Jumat, 26 Oktober 2012

Sapi Pak SBY Akhirnya Takluk Oleh 20 Orang

Bantu [imagetag] Gan
Mudah2 an Ane Ga [imagetag]

Spoiler for Mau Banget:

Spoiler for Jangan Di:


[imagetag]
Quote:Jakarta - Presiden Susilo Bambang Yudhyono (SBY) tahun ini kembali berkurban di Masjid Istiqlal. Seperti pada tahun sebelumnya, tahun ini SBY juga berkurban sapi, tak tanggung-tanggung SBY menyerahkan sapi seberat 1 ton. Akibatnya, saat hendak dipotong, perlu hingga 20 orang untuk menaklukkan sang sapi.

Sapi milik SBY merupakan sapi peranakan ongole asal Jawa. Sapi itu sudah berada di tangan Panitia Masjid Istiqlal sebelum pelaksanaan salat Idul Adha digelar, berdampingan dengan sapi milik Wapres Boediono. Sapi berwarna putih itu memiliki tinggi 168 cm dan berat 1.007 kg.

Panitia Kurban Masjid Istiqlal menentukan sapi SBY menjadi hewan kurban pertama yang akan disembelih. Proses pemotongan sapi itu, terlebih dahulu diawali dengan prosesi memandikan dan membersihkan sapi oleh tiga orang panitia agar sang sapi telihat kinclong. Setelah dipastikan bersih, sapi itu kemudian digiring ke Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Masjid Istiqlal.

Tak mudah untuk menaklukkan sapi seberat 1 ton miliki SBY, butuh sekitar 20 orang untuk memastikan sapi itu menurut untuk disembelih. Prosesi pemotongan dimulai dengan mengikat kedua kaki belakang dan kedua kaki depan sapi dengan tambang kecil berwarna biru. 20 orang panitia berkaos orange itu perlu memastikan ikatan yang melilit kaki sapi itu cukup kuat, sampai akhirnya setelah dipastikan kuat, sapi gempal itu pun dirubuhkan untuk dipotong. Bruk! Sapi itu rubuh.

Lima orang panitia memegangi kepala sapi dengan ikatan tambang berwarna putih. Tiga lainnya memegangi badan sapi, dan sisanya berjaga-jaga kalau-kalau sapi itu mengamuk saat hendak dipotong. Para panitia mengumandangkan takbir sebelum proses penyembelihan dilangsungkan. Hingga kemudian, tiba saatnya satu orang panitia yang tak lain adalah sang jagal, menuntaskan proses pemotongan. Sapi milik Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat itu berhasil disembelih.

Setelah sapi dipastikan tak bernyawa, perwakilan panitia akhirnya melepas ikatan tali yang melilit kepala dan kaki sapi untuk kemudian digantung, dikuliti dan dipotong menjadi bagian-bagian kecil. SBY berharap daging sapi ini dapat dibagikan kepada orang yang membutuhkan.

"Saya serahkan seekor sapi, dari keluarga kami kepada Masjid Istiqlal. Sekiranya bisa dibagikan kepada yang membutuhkan," ujar SBY pagi tadi.


Kira Kira Ada nGGa YAh Yang nGalahin Berat Sapi Pak BeYE [imagetag]

SUMBER