Senin, 22 Oktober 2012

PENYAKIT CACING HATI : Hati-Hati Jika Konsumsi Daging Qurban

[imagetag]

BENGKULU â?? Pada hari raya Idul Adha seperti biasa akan banyak hewan ternak yang disembelih dan dagingnya dibagikan kepada masyarakat.
Terkait hal itu, setiap orang diimbau untuk berhati-hati atas kemungkinan terinfeksi cacing hati yang bersembunyi di dalam daging Qurban.

Imbauan untuk mewaspadai penyakit cacing hati pada hewan ternak menjelang hari raya Idul Adha 1433 Hijriah itu antara lain disampaikan Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Bengkulu..
â??Kami imbau kepada seluruh warga agar waspada terhadap penyakit cacing hati pada hewan dan
memasaknya dengan benar agar terhindar dari penyakit itu,â?? kata Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Bengkulu, Arif Gunadi, Senin (22/10).

Ia mengatakan permintaan hewan kurban berupa sapi, kambing dan kerbau pada tahun ini diperkirakan meningkat, bila tahun lalu sebanyak 1.978 ekor maka tahun ini bisa mencapai 2.500 ekor.
Warga harus meningkatkan kewaspadaan karena tidak terttutup kemungkinan ada saja hewan ternak yang menderita penyakit cacing hati.

Hewan ternak yang baru terserang penyakit cacingan sulit terdeteksi. Penyakit cacing hati pada hewan tidak terlalu berbahaya namun daging hendaknya dimasak pada suhu di atas 100 derajat celsius agar terhindar dari penyakit itu.

â??Penyakit hati disebabkan kurangnya peternak menjaga kebersihan kandang untuk itu kami harapkan agar ternak terhindar dari penyakit tersebut peternak hendaknya selalu menjaga kebersihan kandang dan hewan,â?? katanya.


Adapun ciri-ciri hewan ternak yang terjangkit cacing hati di antaranya:
- kurus
- bulunya kusut dan berdiri


Spoiler for sumber:


[imagetag] Semoga Info'nya bisa bermanfaat bagi kaskuser yang ikut mengkonsumsi daging Qurban [imagetag]