Selasa, 30 Oktober 2012

Pengaruh Besar Latihan Fisik Terhadap Kepuasan Hidup


[imagetag]




Studi terkini mengungkap, latihan fisik membuat orang merasa lebih bahagia, terutama bila dilakukan usai melewati hari yang menyebalkan.

Hal tersebut diungkap oleh sekelompok mahasiswa kinesiologi dari Penn State, AS.

"Kami menemukan, kepuasan hidup seseorang terpengaruh secara langsung dengan aktivitas fisik harian mereka," kata Jaclyn Maher, salah satu peneliti, dikutip dari Medical Daily, beberapa waktu lalu.

Menurut studi ini, kepuasan hidup akan meningkat secara signifikan bila latihan fisik dilakukan pada hari yang dirasa berjalan dengan buruk.

Studi yang mengikutsertakan lelaki dan perempuan ini sengaja ditargetkan pada usia 18-25 tahun. Rentang usia tersebut, menurut para peneliti, adalah usia yang paling banyak merasakan ketidakpuasan hidup.

"Orang yang baru beranjak dewasa sedang melewati banyak perubahan: meninggalkan rumah, mulai kuliah, memulai pekerjaan pertama, dan sebagainya. Alhasil, kepuasan hidup mereka bisa menurun drastis. Kami memutuskan untuk berfokus pada usia-usia ini karena mereka pula yang akan merasakan manfaat terbesar dari strategi peningkatan kepuasan hidup," ungkap Maher.

Para partisipan dibagi dalam 2 kelompok. Kelompok pertama, terdiri dari 190 orang diminta untuk membuat catatan harian di buku setiap hari selama 8 hari. Grup kedua, terdiri dari sekitar 60 orang diminta memasukkan cerita harian mereka ke sebuah situs setiap hari, selama 14 hari.

Para partisipan juga melewati penilaian kepribadian dan diminta menjawab kuesioner tentang level kebahagiaan dan seberapa tinggi tingkat kebahagiaan mereka. Level aktivitas fisik mereka pun dinilai selama studi ini berlangsung.

Ditemukan para peneliti, waktu latihan fisik yang ditingkatkan berpengaruh lurus dengan kehidupan mereka.

"Perubahan pada depresi, kekhawatiran, dan stres akan memengaruhi kepuasan hidup seseorang di suatu titik dalam hidup. Sebagai tambahan, kelelahan akan menjadi hambatan dalam menjalani aktivitas fisik. Angka pada indeks massa tubuh yang tinggi, alias kelebihan berat badan pada akhirnya juga akan mengakibatkan seseorang tak puas dengan beberapa sisi hidup," jelas David Conroy, profesor kinesiologi.

Jadi, ada beberapa yang saling memengaruhi, antara kepuasan hidup, latihan fisik, ukuran tubuh, dan seterusnya.


Sumber : http://www.beritasatu.com/kesehatan/...san-hidup.html