Minggu, 21 Oktober 2012

Inilah Resep Paling Nikmat Ala Anak Kost

WWW.PORTID.BLOGSPOT.COM - portal ilmu indonesia




Bicara kost-kostan, memang selalu unik dan menarik. Apalagi, predikat jadi anak kost. Bagaimana tidak, disinilah sebagian waktu kita sebagai perantau dihabiskan. 
Belum lagi, untuk urusan makanan. Sering jajan malah buat kantong jadi tipis. Apalagi, kalau sudah menjelang 'tanggal tua' yang mengharuskan anak kost untuk berhemat. 
Solusinya masak sendiri, lebih hemat, praktis, dan kenyang. Berikut beberapa resep 'paket hemat' untuk anak kost - yang setidaknya bisa dicoba di dapur sendiri:  
Orak Arik Telur
Bahannya sederhana, hanya sayuran wortel dan buncis. Siapkan 2 butir telur ayam, 3 buah wortel (iris korek api), 1/4 kg buncis (iris serong tipis), 2 batang daun bawang (iris halus), 4 butir bawang merah, 2 siung bawang putih, lada dan garam secukupnya. Cara membuatnya: panaskan wajan dan beri sedikit minyak, masukan bawang merah dan putih yang sudah diiris, jika sudah harum masukan irisan daun bawang, wortel dan buncis, aduk setengah matang. Masukan telur ayam, aduk rata. Bumbui dengan garam dan lada, masak hingga matang. Lauk sederhana ini akan terasa nikmat jika dipadukan dengan nasi hangat dan kerupuk.
Omelet Ayam
Bahan yang dibutuhkan: 3 butir telur (kocok lepas), 1 batang daun bawang, iris halus, 1 potong dada ayam tanpa tulang (potong dadu), 4 buah cabai (iris halus), 3 butir bawang merah (iris halus), 1 tangkai putik brokoli (iris-iris), 1 sendok makan sambal botol, keju parut, garam dan lada secukupnya. Cara membuatnya: tumis bawang merah dengan potongan ayam, tambahkan irisan cabai, brokoli, sambal botol, aduk setelah masak angkat. Dadar telur yang sudah dikocok dan dicampur daun bawang, setelah agak matang, masukkan adonan ayam brokoli ditengah ke arah pinggir dari dadar telur. Lipat telur seperti setengah lingkaran. Sajikan dengan taburan keju parut.
Tumis Kangkung Tahu
Bahan yang dibutuhkan: 2 ikat kangkung (potong-potong), 5 butir bawang merah (iris halus), 4 siung bawang putih (iris halus), 100 gram tahu(potong kasar), 1 sendok makan kecap manis, 1 sendok makan kecap asin, 1 sendok makan minyak wijen, 25 ml air, dan garam secukupnya. Cara membuatnya: tumis bawang merah, bawang putih, cabai merah sampai harum. Masukan kangkung dan tahu. Tambahkan semua bumbu, masak sampai matang, angkat dan sajikan.
Tumis Tempe Cabai Ijo
Untuk menu ini dibutuhkan bahan, 5 buah cabai hijau, 500 gram tempe (potong dadu), 2 batang daun bawang, 6 butir bawang merah, 2 siung bawang putih, asam secukupnya, 2 sendok kecap manis, 1 lembar daun salam, 1 cm lengkuas, garam dan gula secukupnya. Cara membuatnya, goreng tempe setengah matang, sisihkan. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Masukan daun bawang dan cabai hijau, masak hingga layu baru kemudian masukan tempe, kecap, garam dan merica. Masak hingga matang dan sajikan.

Sosis Asam Manis
Bahan yang diperlukan, 5 buah sosis, 2 butir bawang merah, 1 siung bawang putih, 2 sendok makan saus tomat, 2 sendok makan kecap, garam, lada dan air secukupnya. Cara membuatnya: tumis bawang merah dan bawang putih, masukan sosis, air, garam, lada, saus dan kecap. Masak hingga matang.
www.portid.blogspot.com sumber:http://asikbos.blogspot.com/2012/10/inilah-resep-paling-nikmat-ala-anak-kost.html