Selasa, 23 Oktober 2012

Cara Mengetes Kadar Yodium Dalam Tubuh Sendiri

[imagetag]

Assalamualaykum wa rahmatullahi wa barakatuh

Quote:
CARA MUDAH MENGETES KADAR YODIUM DALAM TUBUH

1. Celupkan kapas pada larutan yodium (USP Tincture of Iodine) -- Merk komersilnya Betadine.
2. Oleskan/gambar lingkaran dengan diameter sebesar 5 centimeter pada bagian kulit Anda yang halus, seperti paha bagian dalam atau lengan atas.
3. Tunggu. â?? Jika warna kuning memudar setelah kurang dari 1 jam, berarti tubuh Anda kekurangan yodium yang sangat penting, sehingga menyerap semua larutan yodium tersebut. Namum jika warna kuningnya masih tetap selama lebih dari 4 jam, berarti kadar yodium Anda normal.

Mengapa mengetes kadar yodium Anda?

Kadar yodium yang rendah dapat menguras energi dan membuat Anda merasa capai, tidak tenang dan sangat lelah. Kadar yodium rendah bahkan dapat membuat tidur malam Anda terganggu. Sebelum Anda pergi ke dokter dengan keluhan-keluhan sulit tidur semalaman, rasa pegal-pegal dan nyeri, dan perasaan bosan/tak nyaman, ada baiknya jika Anda melakukan test ini dulu.

Karena gejala-gejala dari kurangnya yodium mirip dengan gejala-gejala klasik dari penyakit-penyakit lainnya (seperti perasaan depresi, stress, kelelahan kronis, atau fibromyalgia â?? nyeri tubuh tanpa sebab) banyak dokter yang salah mendiagnosa maupun melewatkan ini sama sekali, dan memberi tahu Anda bahwa tidak ada yang salah.

Kenapa yodium sangat penting?

Rendahnya yodium dalam tubuh berarti kelenjar tiroid Anda kemungkinan tidak berfungsi secara sempurna. Tiroid membutuhkan yodium untuk dapat berfungsi, karena ia membantu untuk menyeimbangkan hormon-hormon, mengatur detak jantung, menstabilkan kolesterol, menjaga kontrol berat badan, membantu perkembangan otot, memelihara keteraturan siklus menstruasi, menyediakan energy, dan bahkan membantu Anda dalam menjaga pendirian sikap/mental yang positif.

Perempuan secara natural sangat riskan terhadap kekurangan yodium. Itu disebabkan karena kelenjar hormon tiroid pada perempuan berukuran 2 kali lebih besar daripada laki-laki â?? jadi dalam keadaan normal, perempuan perlu yodium lebih. Bagaimanapum juga, sewaktu perempuan sedang dalam tekanan/stress, kebutuhan yodium bisa melonjak menjadi 2 hingga 3 kali dari biasanya. Sedangkan makanan yang kita makan mengandung yodium yang jumlahnya makin sedikit. Contohnya, pada tahun 1940 makanan yang biasa dimakan di US mengandung 800 microgram yodium. Tahun 1995, jumlah tersebut merosot jauh hingga hanya 135 microgram. Itu sama dengan penurunan sebanyak 83%.

Dua pertiga (2/3) dari yodium dalam tubuh kita ditemukan pada kelenjar tiroid. Salah satu cara untuk mendorong kadar yodium yaitu dengan menambahkan rumput laut pada diet Anda. Cukup 1 sendok teh rumput laut setiap hari dapat membantu Anda untuk mencapai kadar yodium normal. Memasukkan seafood dan ikan dalam diet Anda juga dapat membantu. Makanan lain yang mengandung yodium adalah telur dan produk dairy (termasuk susu, keju, dan yogurt), bawang merah/bombay, radish dan watercress (seledri air). Beberapa makanan, yang disebut â??goitrogensâ??, sebaiknya dikurangi atau tidak dikonsumsi sementara karena mereka menghalangi pemanfaatan yodium. Termasuk dalam makanan ini adalah kailan, kol, kacang tanah, kedelai, brussel sprouts, kembang kol, brokoli, jenis-jenis sayur kol lain, dan jenis-jenis lobak (turnips).

Spoiler for Makanan Kaya Yodium:


Untuk mengaktifkan kembali kelenjar tiroid, diperlukan tyrosine (asam amino), yodium (iodine), seng (zinc), tembaga (copper) dan selenium. Jadi pastikan bahwa makanan Anda mengandung nutrisi-nutrisi tersebut. TETAPI, jika Anda memiliki kekurangan pada sistem imun yang dinamakan Hashimotoâ??s Thyroiditis, jangan tambahkan yodium pada diet Anda karena ia dapat memperparah kondisi Anda.

Spoiler for Daftar:



SUMBER

Semoga bermanfaat untuk semua [imagetag]
Biasakan komentar yang baik dan bermutu, NO JUNK, NO SPAM, NO BB