Jumat, 26 Oktober 2012

Awas!!! Menonton TV Bisa Merusak Jantung

Bagi Anda yang suka berlama-lama di depan televisi hati-hati. Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan menonton televisi lebih dari empat jam non stop bisa merusak jantung Anda. Bahkan Anda yang rajin berolahraga sekali pun.

[imagetag]

Menurut dokter Emmanuel Stamakis dari University College London's selain orang-orang yang sering menonton televisi, mereka yang hobi berselancar di internet dan bermain game di komputer juga berisiko terkena penyakit jantung. Risiko mereka dua kali lipat dibandingkan dengan orang yang jarang atau kurang dari empat jam menonton televisi.

"Ini soal kebiasaan, banyak dari kita yang pulang ke rumah lalu duduk sambil menonton televisi, memang nyaman," kata Stamakis. "Tapi hal tersebut sangat buruk dampaknya bagi jantung dan kesehatan kita," ujarnya.

Studi ini menggunakan data dari 4.512 orang dewasa yang ikut dalam survei kesehatan rumah tangga di Skotlandia. Para responden diminta mengungkapkan seberapa sering mereka menonton televisi atau video, juga berada di depan komputer.

Setelah data-data itu dibandingkan ternyata mereka yang menghabiskan waktu dua jam hingga empat jam di depan televisi memiliki risiko terkena serangan jantung hingga 125 persen. Risiko ini tidak dipengaruhi oleh faktor lain, seperti merokok, tingkat sosial, darah tinggi juga seberapa sering melakukan olah raga.

Hasil temuan yang dipublikasikan di Journal of American College of Cardiology ini juga berlaku untuk mereka yang bekerja dan duduk hingga berjam-jam di depan komputer terus menerus.


[imagetag][imagetag][imagetag][imagetag][imagetag]

Spoiler for SUMBER: