Sabtu, 27 Oktober 2012

13 Cara Hemat Listrik Kantor [Serba 13]

[imagetag]

Kalau kantor anda tengah mengalami masalah pembengkakan tagihan listrik, ada baiknya Anda usulkan dan lakukan langkah-langkah penghematan. Siapa tahu, hematnya anggaran listrik di kantor akan berimbas baik pada pendapatan Anda dan rekan kerja lainnya.

Berikut 13 tips yang bisa diaplikasikan untuk melakukan penghematan listrik di kantor:

Quote:1. Sistem penerangan di pabrik dan kantor kebanyakan menggunakan lampu jenis TL. Agar listrik dapat bekerja lebih optimal, ada baiknya memasang kapasitor bank yang berfungsi untuk memperbaiki factor daya. Atau ganti balast magnetik yang ada dengan yang electronik sehingga konsumsi dayanya lebih rendah.

Quote:2. Penggunaan Reflektor pada lampu TL juga akan memantulkan cahaya lampu lebih baik.


Quote:3. Untuk mengefektifkan penggunaan setiap lampu, tak ada salahnya jika setiap lampu dipasang tali saklar. Ini memudahkan untuk mematikan lampu yang tidak dipakai.

Quote:4. Lebih baik lagi jika memakai lampu hemat energy (LHE). LHE menghasilkan daya berkali-kali lipat dari lampu biasa.

Quote:5. Petugas P2TL resmi akan selalu minta ijin kepada penghuni rumah sebelum melakukan pemeriksaan, serta menyampaikan maksud kedatangan dan menunjukan surat tugas.

Quote:6. Sebelumnya bisa diawali dengan melakukan pengukuran kebutuhan pencahayaan setiap ruangan. Sehingga bisa diketahui kebutuhan lampu di setiap ruang.

Quote:7. Lebih dari itu, identifikasi juga peta pemakaian energi secara keseluruhan. Biasanya di kantor, AC adalah pengkonsumsi energi paling besar (50-70%). Dan atur kebijakan untuk menghematnya.

Quote:8. Mungkin dapat juga dilakukan pemberian Timer pada peralatan yg menggunakan listrik, yang pengontrol pemakaian / setting hanya bisa dilakukan orang tertentu.

Quote:9. Boleh juga diusulkan kepada pimpinan agar membuat aturan. Umpamanya pada hari libur semua perlengkapan kantor (seperti lampu, AC, Computer, dll) dalam kondisi mati, kecuali yang dibutuhkan. Ini sangat mungkin dilakukan dengan berkoordinasi dengan bagian fasilitas atau maintenance

Quote:10. Buat suatu standarisasi dalam perusahaan. Seperti, komputer yang akan ditinggal lebih dari 15 menit harus dimatikan, temperature AC ditetapkan pada 26 derajat celcius, dan sebagainya..


Quote:11. Bahkan sangat baik jika ada langkah-langkah terencana untuk melakukan penghematan di segala sisi. Dan lakukan evaluasi misal seminggu sekali untuk mengetahui adanya penurunan listrik yang dipakai dengan action yang telah diambil. Ini penting untuk mengetahui efektif tidaknya langkah-langkah yang diambil.

Quote:12. Kampanyekan hemat listrik di kantor Anda. Misal dengan memasang spanduk, menempel pamflet, atau menempel stiker untuk menghemat listrik. Dan yang tak kalah penting, dorong diri sendiri serta rekan-rekan kerja untuk menerapkan hemat listrik secara konsisten.


Quote:13. Coba terapkan ISO 14001. Apabila diterapkan dengan baik, ISO 14001 akan menghemat banyak hal, misalnya listrik, air, alat tulis, dll. Selain juga meningkatkan produktivitas, serta menyelamatkan lingkungan dan sumber daya alam.

[imagetag]

Sumber