Sabtu, 27 Oktober 2012

13 Cara Alami Menghilangkan Jerawat [Serba 13]

[imagetag]

Jerawat (Acne Vulgaris) dapat disebabkan oleh berbagai hal, seperti bakteri, stress, hormon, juga pola makan. Apapun alasannya timbulnya, jerawat merupakan masalah setiap orang. Sama halnya dengan penyebab jerawat itu sendiri, cara penanganan jerawat pun ada beberapa cara dari yang menggunakan obat-obatan hingga cara yang alami.

Pada umumnya penggunaan obat-obatan yang tidak alami atau sintetik untuk menghilangkan jerawat selain memiliki harga yang relatif mahal, juga memilik efek samping ataupun efek alergi pada beberapa orang yang memiliki kulit yang sensitif. Oleh karena itu dibutuhkan pengawasan dokter dalam penggunaan obat-obat tersebut.

Bagi mereka yang berduit itu bukanlah masalah besar, namun tidak semua bisa melakukan hal itu. Jika ada cara alami (tradisional) untuk menghilangkan jerawat kenapa tidak?

Berikut ini 13 tips cara alami menghilangkan jerawat secara tradisional, dengan biaya yang terjangkau:


Quote:1. Jeruk Nipis
Selain itu jeruk nipis juga dapat digunakan sebagai antiseptik alami yang dapat membantu membunuh bakteri penyebab jerawat. Belah dua jeruk nipis/purut menjadi 2 bagian, lalau gosokan pada bagian wajah yang berjerawat selama 30 menit lalu bilas dengan air hangat. Lakukan 2-3 kali sehari untuk hasil yang optimal. Wajah akan terlihat lebih bersih dan segar.
Campur perasan 1 buah jeruk nipis dengan 1 gelas air putih, minum setiap pagi setelah bangun pagi sebelum sarapan pagi. Campuran ini dapat membuang tumpukan minyak berlebih pada sebum yang menyebabkan jerawat.

Quote:
2. Air

Minum air putih secara teratur setiap hari dapat bantu pembuangan racun dari tubuh yang dapat juga membantu dalam mengatasi jerawat.


Quote:3. Lidah Buaya
Lidah buaya memiliki kandungan yang dapat digunakan untuk mengurangi peradangan dan mencegah peradangan timbul kembali, serta dapat meningkatkan kekenyalan dan elastisitas kulit. Ambil 1 helai daun kulit buaya, kupas kulitnya, potong jadi 2-3 bagian dan oleskan buahnya pada kulit yang bermasalah, diamkan selama 15-20 menit, bilas dengan air hangat. Ulangi setiap hari untuk hasil yang optimal.


Quote:4. Asam Jawa
Asam jawa sering digunakan sebagai obat anti alergi juga untuk mengobati eksem dan bisul karena kandungannya yang dapat berfungsi sebagai anti inflamasi juga sebagai antiseptik. Oleh karena itu, asam juga dapat digunakan sebagai obat untuk menghilangkan jerawat. Ambil 10 jari buah asam tua, campurkan buahnya yang sudah di buang bijinya dengan ½ sendok the garam, lalu gosokkan pada wajah yang berjerawat, diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air hangat. Ulangi 2-3 kali sehari untuk hasil yang optimal.


Quote:5. Bawang Putih
Bawang putih memiliki kandungan yang berfungsi sebagai antiseptik alami sehingga salah satu tanaman yang sering dijadikan bumbu masakan, dapat juga dimanfaatkan sebagai obat jerawat alami. Kupas Bawang putih dan tumbuk hingga halus, ratakan pada wajah yang berjerawat (hati-hati jangan sampai terkena mata), diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air hangat. Ulangi 1 kali sehari secara teratur untuk hasil yang optimal.


Quote:6. Belimbing wuluh
Belimbing wuluh selain sebagai bumbu dapur juga dapat digunakan untuk mengobati jerawat. Campurkan 3 buah belimbing wuluh dengan 1 sendok makan air jeruk nipis dan ½ sendok the belerang, tumbuk hingga halus dan aplikasikan pada bagian wajah yang berjerawat. Gunakan selama 2-3 kali sehari untuk hasil yang optimal.

Quote:7. Madu
Madu memiliki kandungan yang berfungsi sebagai antiinflamasi sehinnga cocok digunakan untuk mengurangi radang yang ditimbulkan oleh jerawat. Campurkan 2 sendok madu dengan 1 sendok teh jeruk nipis, ratakan pada wajah dan diamkan selama 15 â?? 20 menit, ulangi 2-3 kali sehari untuk hasil yang optimal.


Quote:8. Tomat
Buah tomat yang biasanya digunakan sebagai bumbu masakan ataupun disajikan sebagai jus baik untuk kesehatan mata karena adanya kandunga Vitamin A pada buah tomat. Namun selain vitamin A, tomat juga memiliki kandungan vitamin C yang baik sebagai antioksidan serta memiliki kandungan asam sitrat yang baik untuk mengangkat kotoran dan lemak pada wajah yang berjerawat. Gosokan buah tomat yang sudah di potong-potong pada wajah, diamkan selama kurang lebih 20 menit, lalu bilas dengan air hangat. Lakukan selama 2-3 kali sehari untuk hasil yang maksimal.


Quote:9. Putih Telur
Bagaimana caranya? Mudah saja. Pisahkan kuning telur dan ambil putih telurnya saja. Kocok sebentar lalu oleskan ke wajah dan diamkan selama 15 menit. Putih telur ini akan membantu mengurangi minyak di wajah yang seringkali menyebabkan timbulnya jerawat.


Quote:10. Makan Sayur-Sayuran dan Buah-Buahan
Makanlah sayur-sayuran dan buah-buahan yang kaya akan vitamin dan mineral untuk mencegah timbulnya jerawat baru. Vitamin dan mineral seperti vitamin C, vitamin A, zinc, dan selenium dapat membantu keseimbangan tubuh sehingga wajah dapat terhindar dari timbulnya jerawat baru.


Quote:11. Pola Makan Teratur/Diet
Pola makan yang tidak tepat dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Oleh karena itu pola makan yang tepat sangat penting untuk membantu menghilangkan juga mencegah timbulnya jerawat. Hindari makanan yang mengandung garam, cabai, gluten (roti, mie, kue), hindari pula makanan-makanan olahan karena nilai gizinya yang sudah terlalu rendah (seperti nugget, sosis, burger) dan hindari pula susu dan produk turunannya.


Quote:12. Pasta Gigi
Satu hal yang perlu diingat disini pasta gigi yang digunakan adalah yang bentuknya pasta(seperti Pepsodent) bukan yang bentuknya gel(seperti Close Up). Caranya hampir sama dengan cara di atas. Oleskan pasta gigi ke jerawat dan bagian lain di sekitar jerawat tersebut sebelum tidur. Biarkan semalaman/sampai pagi kemudian bilas dengan air bersih.


Quote:13. Istirahat yang Cukup
Tidur yang cukup dan teratur jangan dilupakan karena kulit juga butuh istirahat, saat kita tidur kulit akan beregenerasi dan membuang racun-racun yang berbahaya sehingga di kala kita bangun keesokan harinya kulit kita akan kembali segar.


Semoga bermanfaat gan..

Sumber (Dengan sedikit perubahan)