Sabtu, 25 Agustus 2012

Jenis-Jenis Alat Pemadam Kebakaran Portable (Lagi banyak kasus kebakaran gan,,)

Spoiler for Di Rate Dulu ya gan:
:rate5:rate5:rate5:rate5:rate5

Spoiler for :
[imagetag]

Alat pemadam portable didisain untuk digunakan oleh seseorang yang menemukan adanya api atau kebakaran. Jenis alat pemadam yang digunakan tergantung dari jenis bahan yang terbakar. ini juga merupakan suatu antisipasi bila terjadi kebakaran di tempat agan-agan berada, sehingga agan lebih tau tentang setiap fungsi dari alat pemadam itu sendiri dan tidak melakukan kesalahan yang tidak perlu gara-gara agan salah menggunakan alat pemadam kebakaran yang tepat.(kan konyol gan kalo apinya gg mati-mati gara-gara salah alat, :ngakak , bisa-bisa nyawa taruhannya, naudubillah himindalik gan)
Berikut akan dijelaskan secara ringkas beberapa jenis alat pemadam portable.

Quote:

I. Water extinguishers

Alat pemadam ini menggunakan air dan karbon dioksida sebagai baham pemadam. Jenis pemadam ini cocok untuk memadamkan api yang membakar kertas dan kayu. Dan tidak boleh digunakan pada area-area yang terdapat peralatan yang menggunakan listrik atau cairan kimia organic yang tidak larut didalam air. Akhir-akhir ini sudah dikembangkan alat pemadam yang menggunakan air yang mengandung foaming agent (bahan pembentuk busa) yang dikenal dengan AFFF yang dapat digunakan untuk kebakaran pada cairan kimia mudah terbakar dan peralatan listrik.
Spoiler for Alat:
[imagetag] [imagetag]

CIRI-CIRI UTAMA : FULL BERWARNA MERAH DAN TERDAPAT TULISAN WATER PADA TABUNG
Quote:

II. Carbon dioxide extinguishers

Jenis pemadam ini menggunakan CO2 (karbon dioksida) sebagai bahan pemadam. Alat pemadan ini akan mengeluarkan awan karbon dioksida dan partikel COP padat pada saat digunakan. Jenis pemadam ini digunakan untuk area dimana terdapat peralatan elektronik sehingga peralatan tersebut tidak rusak,seperti instrument laboratorium,server,komputer,dsb. Jenis pemadam ini tidak boleh digunakan pada area confine space atau basemen karena awan karbon dioksida dapat membahayakan bagi personel kebakaran itu sendiri. Jenis pemadan CO2 ini juga tidak boleh digunakan untuk kebakaran bahan logam atau metal.

Spoiler for alat:
[imagetag][imagetag]

CIRI-CIRI UTAMA : TABUNG BERWARNA MERAH DAN TERDAPAT TULISAN CO2/CARBON BERWARNA HITAM PADA TABUNG DAN MEMILIKI PENYEMPROT KHUSUS PADA BAGIAN DEPAN SELANG
Quote:

III. Halon extinguishers

Alat pemadam ini menggunakan gas Halon sebagai bahan pemadam. Alat pemadam jenis ini digunakan di pabrik,laboratorium atau area workshop dimana terdapat kemunkinan minyak dan bahan mudah terbakar. Tapi jenis pemadan ini tidak bias digunakan untuk area-area dimana terdapat peralatan elektronik. Jenis pemadam ini dikembangkan untuk memadam kebakaran pada pesawat udara. Alat pemadam ini mengeluarkan uap dan gas yang menyelimuti api dan menyingkirkan oksigen sehingga dapat memadamkan api. Atom Bromin merupakan terminator dari proses oksidasi yang terjadi pada saat kebakaran. Salah satu kelemahan dari jenis pemadam ini adalah jika terdapat logam yang terbakar maka BCF dapat terdegradasi dan membentuk hydrogen halide yang bersifat beracun dan korosif. Jika digunakan pada area confine space maka diperlukan ventilasi yang cukup.
Spoiler for alat:
[imagetag][imagetag]

CIRI-CIRI UTAMA : PADA SEBAGIAN MERK TABUNG FULL BERWARNA HIJAU DAN TERDAPAT TULISAN HALON, DAN PADA MERK LAIN TABUNG BERWARNA MERAH DAN TERDAPAT TULISAN HALON BERWARNA HIJAU PADA TABUNG
Quote:

IV. Powder extinguishers

Jenis pemadam ini mengandung serbuk kering yang bersifat inert seperti serbuk silica yang dicampur dengan serbuk sodium bikarbonat. Serbuk dipompa keluar tabung dengan bantuan gas karbon dioksida yang berasal dari catridge. Serbuk yang dikeluarkan akan menyelimuti bahan yang terbakar sehingga memisahkan oksigen yang merupakan salah satu kompenen kebakaran. Adanya karbon dioksida juga akan menyingkirkan oksigen sehingga dapat memadamkan api. Sangat tidak disarankan untuk digunakan pada area yang terdapat peralatan produksi atau instrument produksi yang sangat bernilai,karena serbuk-serbuk pemadam dapat merusak komponen-komponen peralatan tersebut.
Spoiler for alat:
[imagetag][imagetag]

CIRI-CIRI UTAMA : PADA SEBAGIAN MERK TABUNG FULL BERWARNA BIRU, DAN PADA MERK LAIN TABUNG BERWARNA MERAH DAN TERDAPAT TULISAN POWDER BERWARNA BIRU PADA TABUNG
Quote:

V. Foam extinguishers

Jenis pemadam ini menggunakan bahan kimia yang dapat membentuk busa yang stabil dan didorong dengan karbon dioksida pada saat keluar dari tabung. Foam yang keluar akan menyelimuti bahan yang terbakar sehingga dapat memadamkan api karean oksigen tidak bisa masuk untuk proses kebakaran. Jenis pemadam ini dapat digunakan pada area dimana jenis pemadam air tidak bisa digunakan. Seperti pada area yang terdapat minyak yang tidak bisa bercampur dengan air.
Spoiler for alat:
[imagetag][imagetag]

CIRI-CIRI UTAMA : TABUNG BERWARNA MERAH DAN TERDAPAT TULISAN FOAM BERWARNA KREM PADA TABUNG
kalo agan bingung, ni ane kasih bagan penggunaan alat pemadam kebakarannya gan.
Spoiler for bagan:
[imagetag]


tau konsepnya tapi gg tau cara pakenya sama juga boong gan,, sekarang ane kasih tau cara pake alatnya gan,,

Quote:

Cara Menggunakan Alat Pemadam Api Ringan ( A.P.A.R )

Walaupun berbeda bentuk dan ukuran, namun berbagai merk Alat Pemadam Api Ringan umumnya memiliki cara kerja yang hampir sama :

Di dalam bahasa inggris terdapat singkatan untuk memudahkan kita mengingat cara menggunakan alat pemadam api ringan, yaitu :

P.A.S.S
Spoiler for PASS:
[imagetag]
Spoiler for PASS:

[imagetag]

Pull atau Tarik Pin hingga segel putus atau
terlepas.
Pin berada diatas Tabung A.P.A.R(Alat Pemadam Api)
Pin juga berfungsi sebagai pengaman
handle atau pegangan dari penekanan
Alat Pemadam Api yang tidak disengaja.

Aim atau Arahkan nozzle atau ujung hose Alat Pemadam Api
yang kita pegang ke arah pusat api.

Squeeze atau Tekan handle atau Pegangan
Untuk mengeluarkan/menyemprotkan
isi tabung. Pada beberapa merk handle
penyemprot terletak Dibagian ujung
hose.

Sweep atau Sapukan nozzle yang kita
pegang ke arah Kiri dan Kanan api,
agar media yang disemprotkan
merata mengenai api yang sedang
terbakar
Perlu diingat setiap jenis alat pemadam api ringan memiliki kemampuan jangkauan yang berbeda, disamping itu perhatikan arah angin sebelum kita mulai menyemprotkan isi tabung pemadam api ringan. Jangan sampai posisi kita berdiri berlawanan dengan arah angin, karena angin akan meniup kembali media yg kita semprotkan kearah kita berdiri. Sebaiknya kita berdiri diposisi membelakangi arah angin selain untuk menghindari tiupan hawa panas juga menghindarkan kita dari media yg kita semprotkan kembali kearah kita.
Quote:

video cara pakenya buat yang pengen lebih ngerti,, cuman 26 detik gan..

semoga tips & info nya bermanfaat buat agan-agan semua, dan kita selamat dari semua bahaya yang ada di dekat kita gan..

Spoiler for TS Mengahrapkan:
:cendolbig:cendolbig:cendolbig:cendolbig:cendolbig

Spoiler for TS Menolak:
:batabig:batabig:batabig:batabig:batabig


Spoiler for sumber:
http://healthsafetyprotection.com/jenis-jenis-alat-pemadan-portable-portable-fire-extinguisher/
http://www.google.com/imghp?hl=en&tab=ii
http://www.sonick-fire.com/2010/06/c...madam-api.html